Senin, 30 Maret 2009

Seventh Chord


Setelah kita sudah memahami Triad Chord dengan baik maka sekarang kita menuju Chord lanjutan. Tidak jauh berbeda dengan contoh2 sebelumnya namun Chord2 disini ditambahkan dengan nada yang ke tujuh. Jikalau kita mendengarkan musik2 jaman era thn 1940 sampai sekarang atau yg kadang kita kenal sebagai “Standart Tunes”, disitu banyak terlihat menggunakan chord2 seventh. Memang jauh lebih sulit juga secara teknisnya dan bunyinyapun mewakili suasana yg berbeda seperti dalam musik2 Blues, Jazz, R&B, Soul dan masih banyak lagi.



Contoh 1 ; nada-nada seperti : C ditambah E ditambah G ditambah B akan menjadi C Major 7th. Biasa cukup disebut C M7, dikarenakan jarak C ke E adalah Major 3rd, Jarak E ke G adalah Minor 3rd kemudian G ke B adalah Major 3rd(semua yg saya sebutkan berdasarkan tangga nada mayornya). Maka akan terlihat rumusan Major 3rd + Minor 3rd + Major 3rd akan menjadi Major 7th Chord.

Contoh 2 ; nada-nada seperti : C ditambah Eb ditambah G ditambah Bb akan menjadi C Minor 7th. Biasa cukup disebut C Min7, dikarenakan jarak C ke Eb adalah Minor 3rd, Jarak Eb ke G adalah Major 3rd kemudian G ke Bb adalah Minor 3rd(semua berdasarkan tangga nada mayornya). Maka akan terlihat rumusan Minor 3rd + Major 3rd + Minor 3rd akan menjadi Minor 7th Chord.

Contoh 3 ; nada-nada seperti : C ditambah E ditambah G ditambah Bb akan menjadi C Dominant 7th. Biasa cukup disebut C7, dikarenakan jarak C ke E adalah Mayor 3rd, Jarak E ke G adalh Minor 3rd kemudian G ke Bb adalah Minor 3rd(semua berdasarkan tangga nada mayornya). Maka akan terlihat rumusan Major 3rd + Minor 3rd + Minor 3rd akan menjadi C Dominanth7. Biasanya kalau anda menyukai musik2 Blues maka akan banyak sekali dijumpai.

Contoh 4 ; nada-nada seperti : C ditambah Eb ditambah Gb ditambah Bbb akan menjadi C Diminished 7th. Biasa cukup disebut C Dim7, dikarenakan jarak C ke Eb adalah Minor 3rd, jarak Eb ke Gb adalah Minor 3rd kemudian Gb ke Bbb adalah Minor 3rd(semua berdasarkan tangga nada mayornya). Maka akan terlihat rumusan Minor 3rd + Minor 3rd + Minor 3rd nakan menjadi C Diminished7. n.b Bbb ( Nada B dengan double flat = turun satu nada).

Contoh 5 ; nada-nada seperti : C ditambah E ditambah G# ditambah Bbb akan menjadi C Augmented 7th. Biasa cukup disebut C +7/C Aug 7, dikarenakan jarak C ke E adalah Major 3rd, jarak E ke G# adalah Major 3rd kemudian G# ke Bb adalah Major 2nd(semua berdasarkan tangga nada mayornya). Maka akan terlihat rumusan Major 3rd + Major 3rd + Major 2nd nakan menjadi C Augmented7.

Yang saya sebutkan barusan di atas adalah 5 basic Seventh Chord, jika anda sudah memahami ini akan mudah bagi anda untuk memahami ke area yg lebih jauh. Misalanya kita diharus mencari C13# 11. Kita tinggal mengejanya saja namun kemudian itu berlanjut hubungannya ke Inversion dan Voicings. Karena untuk membentuk bunyi yg bagus kita juga harus memiliki selera dari urutan nada2 yg dimainkan. Kalau kita gambarkan sesuai register nadanya maka akan terlihat dia akan lebih wide atau sebaliknya. Maka dari itu kita ambil contoh dalam permainan Jazz ada yg disebut Open Voicing + Closed Voicing.